Setelah Bambang Pamungkas, Kini Muncul Usul Ganti Nama JIS Jadi Jokowi International Stadium

Suara Denpasar – Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun pada era Gubernur Jakarta Anies Baswedan masih menjadi buah bibir. Apalagi, sebelumnya diributkan soal rumput yang dianggap tidak sesuai standar FIFA. Kini, muncul usulan agar JIS berubah nama jadi Jokowi International Stadium.

Sebelumnya, eks pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas memberikan opini berisi usulan nama agar JIS tidak lagi menggunakan Jakarta Internasional Stadium.

Usulan eks manajer Persija ini, tetap dengan singkatan JIS, namun kepanjangannya diubah jadi Jakarta Independence Stadium.

Kepanjangan dari JIS yang diusulkan BP, demikian dia biasa disapa, sebagai kritik atas JIS yang kerap jadi alat tarik-menarik kepentingan politik. Mengingat stadion itu dibangun pada era Gubernur Anies Baswedan, sedangkan ada sebagian orang-orang yang ingin menggiring ke arah politik elektoral.

Baca Juga:Gemas dengan Polemik Stadion JIS Tak Kunjung Usai, Legenda Persija Bambang Pamungkas Usulkan Nama ‘Jakarta Independence Stadium’

Namun, kini muncul lagi agar JIS memiliki kepanjangan baru. Bukan Jakarta International Stadium sebagaimana yang resmi saat ini, juga bukan usulan dari BP: Jakarta Independence Stadium.

Usulan itu ramai di akun media sosial JIS @jakintstadium belum lama ini. Akun resmi JIS ini mengunggah foto JIS yang diambil dari depan Masjid Ramlie Musofa Sunter Jakarta Utara.

Foto dari ketinggian ini memperlihatkan kemegahan stadion di wilayah Jakarta Utara tersebut. Sejumlah komentar pun bermunculan seiring dengan tarik menarik kepentingan politik atas JIS yang akan jadi salah satu venue Piala Dunia U-17 pada November-Desember 2023 mendatang.

“Dulu Jokowi janji bangun stadion BMW di lokasi ini, lalu setelah jadi Presiden Jokowi belum menunaikan janjinya dan diteruskan Anies. Dulu BMW sekarang jadi stadion JIS. Sebenarnya pemimpin yang baik ya menuruskan janji pendahulunya yang belum terlaksana. Tak usah saling menyalahkan,” kata @ari_jono

Baca Juga  PPP Sebut Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar Semakin Besar

“Stadion keren tapi sayang menjadi korban politik. Jangan sampai terbengkalai,” tandas @asetiawan12

Baca Juga:Menohok! Begini Kritik Pedas Mantan Kapten Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas Terhadap JIS yang Terus Berpolemik

“Udah, Min, ganti nama Jokowi International Stadium aja biar ga repot-repot ganti atap ganti rumput,” kata @riahiriani kesal.

“Kalo mau nyalahin salah semua, kalo mau mbenerin bener semua. Stadion ini emang dari dulu mau di bangun di sini, sudah jadi diributkan nanti gak jadi jadi ribut. Sudah lah dinikmati,” kata @oktofa_imroni.

Sebagaimana diketahui, JIS merupakan stadion terbesar di Indonesia. Kapasitasnya mencapai 82 ribu penonton, atau single seat. Melampaui kapasitas Stadion Gelora Bung Karno yang hanya 77 ribu. 

Stadion ini dibangun sejak 2019, kemudian diresmikan Gubernur Anies Baswedan pada 24 Juli 2022 lalu.

Anggarannya mencapai Rp4,5 triliun dari anggaran Pemprov DKI Jakarta. Sekadra diketahui, 80 persen anggarannya merupakan pinjaman dari pemerintah pusat melalui program PEN (pemulihan ekonomi nasional) (*)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *