Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Petir di Tarakan, Asap di Banjarmasin, Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Selasa, 22 Agustus 2023, dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan, angin kencang dan gelombang tinggi.

Hujan disertai petir pada hari Selasa diperkirakan terjadi di Tarakan. Hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Medan. “Hujan ringan kemungkinan terjadi di Samarinda, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, Manado dan Padang,” ungkap data BMKG.

Ibu kota provinsi yang perkirakan diselimuti asap di Banjarmasin, sedangkan kondisi berkabut di Jambi, Pontianak dan Pekanbaru.

Suhu udara berkisar 20-35°C dengan suhu terendah di Bandung, sedangkan suhu tertinggi di Banjarmasin.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada di Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Tidak ada provinsi berstatus siaga.

Wilayah yang berpotensi angin kencang adalah NTB, NTT, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Gelombang Tinggi

Iklan

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 21-22 Agustus 2023.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten, Selat Makassar bagian selatan dan Laut Arafuru. 

Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 2.50-4.0 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Bali hingga Sumbawa dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga NTB.

Baca Juga  11 Tahun Pacaran Belum Menikah, Erie Suzan Singgung Soal Ketakutan: Mungkin Memang...

Sementara gelombang sangat tinggi 4-6 meter diperkirakan terjadi di Samudra Hindia barat Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *