PPP Sebut Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar Semakin Besar

Bisnis93 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Peluang Sandiaga Uno untuk jadi bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo disebut semakin besar. Ini berkaitan dengan merapatnya Golkar dan PAN untuk mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

“Terus terang, dari sisi PPP, pengumuman koalisi baru hari ini, itu lecutan semangat bagi kami, karena artinya peluang Ketua Bapilu PPP Sandiaga Uno untuk dilamar sebagai cawapres Mas Ganjar menjadi semakin terbuka,” kata pria yang biasa disapa Romy usai Deklarasi Santri Mendukung Ganjar Pranowo (Sarung Ganjar) di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar di Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 13 Agustus 2023.

Romy mengatakan ini merespons deklarasi dukungan Golkar dan PAN ke Koalisi Indonesia Raya yang mendukung Prabowo di Pilpres 2024, pada Ahad, 13 Agustus 2023.

Menurut Romy, dengan tidak merapatnya Golkar dan PAN ke Koalisi PDIP, maka PPP adalah satu-satunya partai parlemen yang mengusung Ganjar Pranowo maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. “Sehingga itu menjadikan peluang Mas Sandi yang memang sudah memiliki syarat-syarat obyektif sebagai calon wapres itu semakin terbuka,” kata Romy. 

Romy mengatakan, Sandiaga Uno dirasa dapat menjadi salah satu faktor pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. “Beliau melengkapi mas Ganjar dari sisi teritorial geografis dari luar Jawa. Beliau memiliki peluang elektabilitas yang kurang lebih menjadi top 3 atau top 2 bahkan kadang-kadang nomor 1 di berbagai survei elektabilitas,” kata Romy.  

Iklan

Selain itu, lanjut Romy, Sandiaga Uno juga memiliki pengalaman dalam pertarungan pemilihan presiden pada 2019 lalu yang disandingkan dengan Prabowo Subianto. “Pengalaman beliau bertarung di tingkat nasional belum pernah dimiliki oleh calon lain kecuali Pak Prabowo, artinya kalau berbicara peluang Pak Sandi menjadi sangat besar di sini,” kata Romy. 

Baca Juga  Melihat Kembali Rencana Normalisasi Ciliwung yang Diminta Jokowi Segera Rampung: Anggaran hingga Lokasi Prioritas

PAN dan Golkar resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Deklarasi dukungan ini dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 13 Agustus 2023. 

Dengan bergabungnya Golkar dan PAN, maka Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diyakini bakal bubar dan koalisi prapilpres semakin mengerucut menjadi 3 poros, yakni Koalisi PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan, dan KKIR yang mengusung Prabowo Subianto.

Pilihan Editor: Pengamat Nilai Deklarasi Golkar – PAN ke Prabowo Pertegas Posisi Jokowi Sebagai Panglima Koalisi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *