Planetarium dan Observatorium Jakarta Gelar Pekan Astronomi 7-13 Agustus

TEMPO.CO, Jakarta Planetarium dan Observatorium Jakarta menyelenggarakan acara ‘Pekan Astronomi Jakarta 2023’ pada 7-13 Agustus 2023. Acara dengan judul “Kisah Bintang di Tanah Air: Mengungkap Kearifan Astronomi dalam Budaya Nusantara” ini untuk memeriah HUT ke-78 Republik Indonesia.

Penanggung jawab acara, Mila Izzatul, menyatakan acara ini terbuka untuk umum. “Yang khusus pelajar hanya planetarium mininya,” kata Mila lewat pesan singkat, 3 Agustus 2023. Acara berlangsung dari pukul 09.00-15.00 WIB di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Pameran Astronomi Budaya

Berisi pameran etnoastronomi Nusantara dan astrofotografi karya anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta di Lobi Teater Kecil, Gedung Teater Jakarta. Registrasi dapat dilakukan di lokasi secara gratis tanpa batasan usia. 

Sehubungan dengan etnoastronomi, ada bincang santai “Etno Astronomi: Merangkai Tradisi dengan Teknologi”. Acara diselenggarakan pada Sabtu, 12 Agustus 2023, pukul 14-16 dengan pembicara Widya Sawitar, astronom.

Pertunjukan Planetarium Mini

Pengunjung akan masuk ke semacam kemah yang diisi udara. Bentuknya seperti setengah bola sebagai planetariumnya dan kotak sebagai pintu masuk. Karena ukurannya kecil, penyelenggara mengkhususkan arena ini untuk siswa SD hingga SMA. Mila menyebut Planetarium Mini milik Observatorium Bosscha.

Peserta wajib memesan e-ticket gratis terlebih dahulu dengan kuota 15 orang per sesi. Sesi yang disediakan ada tiga yaitu pukul 10.00-10.30 WIB, pukul 13.30-14.00 dan pukul 14.30-15.00 WIB. Lokasi di Lobi Teater Kecil, Gedung Teater Jakarta.

Observasi Matahari

Iklan

Mengingat acara ini dilakukan di luar ruangan, tepatnya Plaza Teater Kecil, maka kelangsungan acara hanya jika cuaca cerah. Nantinya pengunjung bisa memilih antara dua sesi, yaitu pukul 09.30-11.30 WIB dan 13.30-15.00 WIB.  Registrasi dilakukan di lokasi tanpa batasan usia dan gratis.

Baca Juga  Langsung Move On, Pratama Arhan Dirumorkan Dekat dengan Anak Anggota DPR RI!

Seminar

Pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023, diselenggarakan seminar ‘Planetarium, Budaya dan Alam Semesta’ pada pukul 09.00-13.00 WIB di Teater Kecil TIM. Pembicara yang dihadirkan adalah Restu Gunawan, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, Lisa Febriyanti, peneliti astronomi tradisional dan Karlina Supeli, anggota Akademi Jakarta. Peserta acara ini terbatas 150 orang tanpa batasan usia.

Workshop Astrokids

Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 13 Agustus 2023, pukul 09.00-13.00, ditujukan untuk anak usia 4 hingga 10 tahun secara gratis. Penyelenggara membuka kuota sebanyak 25 orang dengan diawasi oleh orang tua atau pendamping lainnya. Peserta wajib membawa gunting, lem dan alat mewarnai.

Pendaftaran peserta Pertunjukkan Planetarium Mini, Seminar, dan Workshop Astrokids dapat diakses di https://linktr.ee/planetariumjkt. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Agustus 2023 pukul 19.00 WIB. Sementara untuk Pameran dan Observasi Matahari sahabat bisa langsung datang ke lokasi.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *