Jokowi Beri Gelar Bintang Budaya Parama Dharma untuk Presiden FIFA, Apa Artinya?

Presiden RI, Joko Widodo berencana bakal memberikan penghargaan ‘Bintang Budaya’ kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino. Bukan tanpa alasan, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan gelar tersebut lantaran jasa Gianni untuk sepak bola Indonesia.

Menkopolhukam, Mahfud MD, menjelaskan, pemberian penghargaan untuk Presiden FIFA tersebut tidak dilakukan dalam rangkaian upacara negara, melainkan pada saat pertandingan sepak bola (Piala) Dunia di Indonesia.

“Usulan ini datang dari PSSI dan telah melalui pertimbangan atas kriteria yang ditetapkan. Gianni Infantino telah berperan dalam pengembangan sepak bola nasional, memberikan panduan, serta kerja sama yang berdampak positif,” tutur Mahfud MD.

Lantas, apa sebenarnya gelar Bintang Budaya itu?

Baca Juga:Ibu-ibu di Tangerang Memiliki Penghasilan Tambahan dan Buka Peluang Kerja Lewat Pelatihan Sabun Cuci

Apa Itu Anugerah Bintang Budaya?

Bintang adalah tanda kehormatan tertinggi menurut penjelasan Pasal 1 ayat (6) Undang-Undang Nomor 20/2009. Anugerah bintang sendiri diberikan Presiden kepada seseorang yang dinilai memiliki jasa besar terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Sementara itu, Bintang Budaya Parama Dharma sendiri termasuk gelar bintang yang berada di tingkatan 11, yang setara dengan Bintang Jasa Utama, Bintang Kemanusiaan, Bintang Penegak Demokrasi Utama, Bintang Gerilya, Bintang Sakti, dan Bintang Dharma.

Adapun penerima anugerah ini bukan sembarang orang, terdapat syarat tertentu penerima gelar Bintang Budaya ini. Di antaranya adalah syarat umum yang terdiri dari 6 syarat.

· WNI atau seseorang yang berjuang di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI

Baca Juga:Jadi Juara Dunia, Desak Made Rita Amankan Tiket Olimpiade 2024 di Paris

· Memiliki integritas moral dan keteladanan

· Berjasa terhadap bangsa dan negara

Baca Juga  Meski Stadion Dipta Dicoret dari Venue Piala Dunia U17, Bali Tetap Siap Terima Agenda Sepak Bola Internasional

· Berkelakuan baik

· Setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara

· Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Sedangkan, beberapa syarat khusus bagi para penerima anugerah Bintang Budaya adalah sebagai berikut.

· Berjasa besar dalam meningkatkan, memajukan, dan membina kebudayaan bangsa dan negara. 

· Pengabdian dan pengorbananya di bidang kebudayaan, baik kesenian, nilai-nilai tradisional, dan kearifan lokal bermanfaat bagi bangsa dan negara.

· Darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *