Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan dalam KTT ASEAN, Apa Saja?

Bisnis109 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan selama KTT ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023. Selain memimpin KTT ke-43 itu, baik dalam format pleno maupun pengkajian (retreat), Jokowi juga akan memimpin seluruh pertemuan dengan negara-negara mitra.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto Suryodipuro dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023, mengatakan bahwa, pertemuan-pertemuan tersebut, yaitu KTT ke-26 ASEAN-Cina, KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Presiden juga akan memimpin KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Tiga, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan KTT ke-18 Asia Timur (EAS).

KTT Asia Timur terdiri dari 18 negara peserta, termasuk 10 negara anggota ASEAN, dan Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Federasi Rusia, dan Amerika Serikat.

“Presiden juga akan memimpin kegiatan non-persidangan, seperti pembukaan Forum ASEAN Indo-Pasifik, jamuan makan malam, upacara penutupan, dan penyerahan keketuaan ASEAN kepada Laos,” kata Sidharto.

Iklan

Sidharto menyebut akan ada 27 pemimpin negara dan atau organisasi internasional yang diperkirakan hadir dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, termasuk 18 pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), Perdana Menteri Kanada, dan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Dia menambahkan bahwa semua dokumen akhir terkait KTT ASEAN hingga saat ini masih dalam tahap pembahasan dan proses negosiasi yang intensif.

ANTARA

Pilihan Editor Top 3 Dunia: Selandia Baru Tuduh Cina, Iran Bebaskan 5 Warga AS, Pembunuh Capres Ekuador Ditangkap



Quoted From Many Source

Baca Juga  Resmi Pacaran dengan Jisoo Blackpink, Staf Ungkap Sifat Asli Ahn Bo Hyun Saat Syuting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *