HUT RI ke-78, KBRI Pretoria Beri Penghargaan ke WNI Berprestasi

TEMPO.CO, Jakarta – Upacara peringatan HUT RI ke-78 di KBRI Pretoria, Afrika Selatan pada Kamis, 17 Agustus 2023 dilaksanakan dalam suasana khidmat dipimpin oleh Inspektur Upacara, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Pretoria, Saud Purwanto Krisnawan. Upacara diikuti WNI, Diaspora, dan Indonesianis yang berdomisili di Pretoria, Johannesburg dan wilayah-wilayah sekitarnya.

Pasukan pengibar bendera pada pelaksanaan HUT RI ke-78 kali ini diisi oleh kelompok pemuda Indonesia di Afrika Selatan yakni, Luthfi Satria Wicaksana Setiawan, Keivan Abyaz Burhanudin, dan Zyanbi Gezina Saputra. Seperti perayaan HUT RI pada 2022, tahun ini pelaksanaan yang sama diisi dengan pemberian penghargaan kepada WNI berprestasi yang berdomisili di Afrika Selatan dan negara akreditasi KBRI Pretoria lainnya seperti Botswana, Eswatini, dan Lesotho.

Kartika Smith, pemilik usaha spa “Melati Massage Therapy” di Benoni Provinsi Gauteng dan Leli Susiana, pemilik usaha spa massage “Bamboo Garden Spa” di Durban, Provinsi Kwa-Zulu Natal, yang dinobatkan sebagai peraih penghargaan tersebut. Keduanya dinilai atas upaya mempromosikan khasanah budaya Indonesia melalui usaha yang digelutinya. Duta Besar Wawan, demikian beliau akrab disapa, mengungkapkan kebanggaannya selaku perwakilan pemerintah dan Masyarakat Indonesia di Afrika Selatan.

“Kami bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Ibu Kartika dan Ibu Leli. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan menjadi contoh bagi kita semua yang berada di luar negeri, terutama di Afrika Selatan,” kata Duta Besar Wawan. 

Kartika Smith pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan keharuan dan kebanggaannya atas perhatian yang ditunjukkan oleh pemerintah melalui KBRI Pretoria. Dia merasa bangga diberi perhatian oleh KBRI Pretoria melalui penghargaan ini.

“Kedepan, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi saya untuk terus berkembang,” kata Kartika

Baca Juga  Kuasa Hukum Ricky Rizal Sebut Putusan Kasasi MA Masih Belum Tepat, Akan Ajukan PK

Iklan

Sedangkan Leli Susiana, juga menyambut penghargaan ini dengan sukacita. Leli dan Kartika sama-sama  membuka bisnis spa massage di Afrika Selatan sejak 2014 dan 2022 dengan mengedepankan teknik spa khas Indonesia.

Perayaan HUT RI ke-78 di KBRI Pretoria juga diisi oleh beragam perlombaan yang diikuti oleh kelompok anak dan dewasa. Kelompok WNA seperti Komunitas Bosmont, Johannesburg dan Kelompok Pramuka Pretoria (The 22nd Sea Scout Pretoria)  juga turut meramaikan gelaran perayaan Hari Kemerdekaan dengan masing-masing menampilkan tarian Saman asal Aceh dan atraksi kepramukaan. 

Pilihan Editor : WNI di Korea Selatan Selamat dari Musibah Banjir

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *