Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara membuat daftar isi otomatis di Word tidaklah sulit. Meski demikian masih banyak pengguna yang merasa rumit dan kesulitan. Ikuti tutorial Microsoft Word berikut ini.

Microsoft Word memiliki fungsi daftar isi otomatis yang dapat secara otomatis menghasilkan daftar isi untuk dokumen kamu.

Kamu perlu menandai header bab dan sub-header dengan benar yang ingin kamu tampilkan di daftar isi.

Menyiapkan ini bisa menjadi proses yang memakan waktu, tetapi jika kamu menulis dokumen panjang melalui beberapa draf, daftar isi otomatis dapat menghemat banyak revisi manual setiap kali nomor halaman atau judul bab.

Baca Juga:Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word Secara Otomatis

Sebelum kamu memasukkan daftar isi, kamu perlu menerapkan heading styles ke halaman pada dokumen, yang kemudian akan digunakan oleh Microsoft Word untuk merumuskan tabel itu sendiri.

Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Word yang tim Suara.com rangkum untuk kamu.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

  • Letakkan kursor di tempat kamu ingin menambahkan daftar isi.
  • Buka Referensi > Daftar Isi. dan pilih styles otomatis.
  • Buat daftar isi
  • Jika kamu membuat perubahan pada dokumen yang memengaruhi daftar isi, perbarui daftar isi dengan mengklik kanan daftar isi dan memilih Perbarui Bidang.

Menyesuaikan Daftar Isi

  • Klik tabel. Pilih tab References, pilih Table of Contents, dan klik Custom Table of Contents.
  • Di dalam jendela yang muncul, kamu dapat membuat berbagai penyesuaian pada tabel, termasuk berapa banyak level yang akan ditampilkan, menghapus nomor halaman, dan mengubah perataan. Kamu juga dapat membuka tombol Opsi untuk penyesuaian lebih lanjut.
  • Klik OK setelah selesai.
  • Jika kamu ingin menerapkan pemformatan tambahan seperti mengubah tampilan teks di dalam tabel, cukup sorot apa yang ingin kamu ubah di dalam tabel, dan ubah ukuran, warna, gaya, dan lain-lain. Opsi ini terletak di dalam tab Beranda.
Baca Juga  Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala AFF 2023, Masih Ada Peluang

Memanfaatkan Hyperlink pada Daftar Isi

Baca Juga:Microsoft Word: Cara Membagi Kertas Menjadi 2 Bagian

Hyperlink berguna untuk memudahkan pembaca menuju materi yang ditunjuk dengan sekali klik saja melalui daftar isi. Dengan kata lain hyperlink pada daftar isi merupakan penghubung judul pada daftar isi dengan judul pada skripsi kamu.

Berikut cara menggunakan Hyperlink.

  • Masuk ke File > Options > Advanced terlebih dahulu, lalu hilangkan centang pada  Use CTRL + Click to follow hyperlink.  
  • Selanjutnya arahkan kursor ke judul pada daftar isi yang ingin dipilih. Dan, klik judulnya.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis di Word dengan mudah. Kamu bisa memilih menggunakan cara otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga tutorial Microsoft Word di atas bermanfaat.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *