Profil dan Biodata Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Tepis Kabar Ayah Mertuanya Kritis

Berita33 Dilihat

Suara.com – Beredar sebuah pesan WhatsApp, pada Kamis (12/10/2023) yang memperlihatkan foto Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan yang tengah kritis.

Namun, kabar ini langsung ditepis oleh menantu Luhut, Letjen Maruli Simanjuntak. Apakah kalian penasaran dengan profil dan biodata Maruli Simanjuntak?

Maruli Simanjuntak menegaskan bahwa saat ini ayah mertuanya masih dalam proses pemulihan di Singapura. Sehingga kabar Luhut kritis tidak benar.

Sementara itu, bagi yang penasaran dengan profil dan biodata Maruli Simanjutak, menantu Luhut, simak penjelasan berikut.

Baca Juga:Biodata Maruli Simanjuntak, Pangkostrad Mantu Luhut yang Banting Lawan sampai Tumbang

Sebelumnya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak secara resmi telah ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 yang mengatur tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Maruli menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

Biodata dan Profil Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut 

Melansir dari berbagai sumber, Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, pada 27 Februari 1970 silam.

Maruli Simanjuntak merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Ayah dan ibunya keturunan Batak yang merantau di Kota Kembang, Bandung. 

Baca Juga:Luhut Binsar Pandjaitan Masuk Rumah Sakit, Dokter Singgung Kelelahan dan Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung

Maruli adalah alumni Akademi Militer tahun 1992 dan mempunyai spesialisasi dalam bidang infanteri.

Berbagai posisi dan jabatan yang strategis pernah ia duduki selama kariernya di dunia militer serta tak jauh-jauh dari lingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI. 

Pada tahun 2002, Maruli ditunuuk sebagai Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra. Selanjutnya di tahun 2005, ia terpilih sebagai Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus.

Baca Juga  Viral Kakek Asal Tangsel Naik Sepeda ke Mekkah

Tiga tahun berselang tepatnya pada tahun 2008, ia kemudian dipercaya menjadi Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus dan di tahun yang sama pula, Maruli ditunjuk menjadi Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus. 

Kariernya terus meningkat hingga pada tahun 2010, Maruli mendapatkan promosi jabatan menjadi Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dan ia kemudian menjadi Komandan Grup 2 Kopassus.

Lalu, di tahun 2014, ia menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Jenderal Kopassus. Selesai menjabat, menantu Luhut inu ditunjuk sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). 

Setelah mengemban tugas menjadi Komandan Grup A Paspampres, karier Maruli semakin melejit. Pada rentang waktu tahun 2016-2017, ia lantas berhasil menjadi Komandan Korem 074/Warastrata dan Wakil Komandan Paspampres.

Maruli juga menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro serta menduduki jabatan sebagai Komandan Paspampres sejak 2018 hingga 2020. 

Setelah menjabat sebagai Komandan Paspampres, ia akhirnya ditunjuk sebagai Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana. Hingga saat ini ia menjadi Pangkostrad. 

Maruli Simanjuntak Jadi Menantu Luhut Binsar Pandjaitan 

Putri pertama Luhut Pandjaitan dengan Devi Simatupang, Paulina Pandjaitan adalah istri dari Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Sebagai seorang istri TNI, Paulina sering kali terlihat mendampingi sang suami di setiap tugas kerjanya. Bahkan ia juga rela terjun langsung sampai ke pelosok hutan. 

Adapun pertemuan Maruli dan Paulina Pandjaitan terjadi secara tak sengaja. Hal ini seperti yang diungkap oleh Maruli dalam sesi wawancara yang diunggah melalui channel YouTube, Gilbert Lumoindong. 

Menurut Maruli, pertemuan antara dirinya dengan Paulina terjadi ketika gelaran SEA Games 1995. Maruli mengungkap, saat itu dirinya yang sudah menjadi tentara adalah atlet judo. Sementara Paulina kala iti bertugas sebagai LO Sea Games.  

Baca Juga  Sukses Curi Tiga Poin, Keterpurukan Manchester United Diselamatkan Bruno Fernandes Pasca Taklukkan Fulham Dikandangnya

Dari pertemuan yang tidak sengaja itu, hubungan Maruli dan Paulina pun terus berlanjut. Keduanya pun akhirnya menikah pada bulan Januari 1999. 

Dari pernikahan tersebut, mereka sudah dikarunia dua anak. Paulina dan Maruli, dikaruniai seorang putri cantik dan anak laki-laki yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. 

Demikianlah profil dan biodata Maruli Simanjutak, menantu Luhut. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *