Gerindra Akan Komunikasi ke PDIP soal Gibran Setelah Urusan Capres dan Cawapres Rampung

Suara.com – Partai Gerindra bakal berkomunikasi dengan PDI Perjuangan menyusul langkah Prabowo Subianto yang memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Gibran diketahui merupakan kader partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri.

PDIP diketahui sudah memiliki capres dan cawapres pilihannya sendiri, yaitu pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Ya masalah itu ya nanti kita akan komunikasi ya,” kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad usai Rapimnas Gerindra di The Dharmawangsa Jakarta, Senin (23/10/2023).

Dasco mengakui sejauh ini belum ada komunikasi antara Gerindra dan PDIP, terutama setelah mengumumkan putra sulung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai bakal cawapres untuk ketua umum mereka.

Dasco menyampaikan alasan mengapa pihaknya belum berkomunikasi dengan PDIP terkait kadernya yang menjadi bacawapres Prabowo.

“Ya kita masih fokus soal persyaratan capres cawapres,” kata Dasco.

Status Wali Kota Solo Gibran di PDIP hingga kini belum dipastikan lebih lanjut, apakah dirinya masih berstatus kader atau tidak. Terutama setelah langkahnya yang berbeda dengan PDIP, melalui keputusan Gibran menjadi mendampingi Prabowo.

Dasco mengaku pihaknya tidak turut membahas mengenai status Gibran di PDIP dalam Rapimnas Gerindra, Senin (23/10).

“Tadi itu kita tidak membahas itu, kita membahas calon presiden dan calon wakil presiden. Calon wakil presiden itu bisa berasal dari mana saja sih sehingga mekanisme yang ada nanti kita akan serahkan sesuai dengan ketentuan saja,” kata Dasco.

Gibran Terima Pinangan Prabowo

Dasco memastikan Gibran Rakabuming Raka sudah menerima pinangan Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.

Sebelumnya, Prabowo sudah lebih dulu mendeklarasikan Gibran sebagai pendampingnya untuk maju pada Pilpres 2024.

Baca Juga  Neta Gratiskan Jasa Perawatan 5 Tahun untuk Pemilik Mobil Listrik Neta V

Adapun segala persayaratan untuk pendaftaran sudah siap, baik dari Prabowo maupun Gibran.

“Iya lah (Gibran terima pinangan Prabowo). persyaratan udah siap,” kata Dasco usai gelaran Rapimnas Partai Gerindra di The Dharmawangsa Jakarta, Senin (23/10/2023).

Ia berujar bahwa komunikasi dengan Gibran juga terus dilakukan menyusul deklarasi pasa Minggu malam.

“Komunikasi jalan terus,” kata Dasco.

Untuk diketahui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) berencana mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke KPU pada hari terakhir pendaftaran capresd cawapres, yakni Rabu (25/10), tepatnya pukul 10.00 WIB.

Perlu Minta Izin ke Megawati

Sebelumnya Prabowo Subianto disarankan meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, bila memang Ketua Umum Partai Gerindra ini ingin memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping dirinya maju pada Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mengajari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di Bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Tim Media Prabowo Subianto)

Permintaan izin mengambil Gibran itu harus disampaikan kepada Megawati lantaran Gibran tercatat masih sebagai kader partai berlambang banteng moncong putih. Sebaliknya, Prabowo justru tidak perlu izin kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang notabene merupakan ayah dari Gibran.

Saran untuk meminta izin kepada Megawati itu disampaikan eks kader PDIP, Budiman Sudjatmiko ketika menghadiri perayaan ulang tahun ke-72 Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor IV, Jakarta Selatan. Budiman diketahui kekinian berada di kubu Prabowo.

“Jadi by regulation, per regulasi tentu Mas Gibran dalam hal ini ya berarti Pak Prabowo.. kalau memang Pak Prabowo mau ambil Mas Gibran, bukan tanya pada bapaknya tapi tanya kepada ketumnya, Bu Megawati Soekarnoputri, saya pikir itu ya,” kata Budiman, Selasa (17/10/2023).

Budiman menili, kepada Jokowi, Prabowo sebatas mengkonsultasikan. Sementara untuk izin, Prabowo tetap menanyakannya kepada Megawati.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Bikin Klarifikasi, Luna Maya Pilih Tak Pecat Karyawannya yang Menyebar Video Hingga Minta Jangan Dibully

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *